Sabtu, 31 Desember 2011

Manfaat Hutan Bagi Masyarakat Luas


1 Manfaat Lansung Hutan

      Manfaat lansung huatan adalah manfaat berupa hasil hutan yang bisa dimanfaatkan lansung bagi keperluan manusia. Manfaat ini mencakup :

2. Hasil Hutan Berupa Kayu

      Hutan sebagai penghasil kayu berupa hal yang lazim dipergunakan sebagai pemenuh kebutuhan hidup manusia. Hasil hutan berupa kayu yang sehari-hari kita pergunakan adalah berupa kayu log, sebagian bahan bangunan, kayu bakar, bahan baku industri mebel kayu, pulp/kertas dan sebagainya. Hasil hutan berupa kayu merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi untuk mengembalikan hutan yang telah ditebang memerlukan waktu yang cukup lama, mulai dari puluhan tahun, bahkan ada yang mencapai usia ratusan tahun lamanya untuk dapat di tebang kembali.

3. Hasil Hutan Bukan Kayu

      Disamping kayu, hutan juga menghasilkan bahan-bahan lain yang tidak kalah bermanfaat bagi manusia :
a.       Bahan makanan dari hewan baik berupa daging, telur, bahkan sarang maupun tumbuhan.
b.      Bahan kosmetik dan obat-obatan dari hewan atau tumbuhan yang ada di hutan.
c.       Bahan pakaian, misalnya kokon ulat sutra yang berkembang biak di hutan.
d.      Bahan perabotan, misalnya rotan dan lain-lain.

4. Manfaat Tidak Lansung Hutan

      Disamping memiliki manfaat lansung dari bahan-bahan yang dihasilkan baik itu berasal dari tumbuhan atau hewan, hutan juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Manfaat-manfaat ini berasal dari keberadaan hutan itu sendiri yang memberi pengaruh positif terhadap manusia maupun alam secara keseluruhan. Manfaat dari keberadaan hutan dapat dinikmati tanpa mengambil sesuatu apapun, baik berupa hewan, tumbuhan, atau bahan-bahan lain dari hutan tersebut. Oleh karena itu manfaat-manfaat tersebut disebut manfaat tidak lansung dari hutan.

5. Hutan sebagai penjaga lingkungan

      Lingkungan hidup kita terdiri atas :
1.      Lingkungan daratan
2.      Lingkungan air
3.      Lingkunga udara
Hutan hanya merupakan sebagian dari lingkungan daratan, namun keberadaan berpengaruh tidak hanya terhadap apa yang ada di darat namun juga segala yang  di air dan di udara. Pengaruh-pengruh tersebut timbul karena hutan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :
a.       Pengendali air
b.      Pengatur suhu
c.       Penghasil udara bersih
d.      Sebagai tempat tumbuh yang baik bagi hewan dan tumbuhan
e.       Mencegah pengikisan tanah
Mari kita bahan satu persatu fungsi-fungsi tersebut

A.Pengendalian air

      Air adalah sumber kehidupan. Semua mahluk hidup yang ada di bumi, termasuk manusia, tidak akan hidup tanpa air. Dan para ahli berpendapat bahwa karena adanya airlah maka di bumi ini ada kehidupan, semuntara di palnet lain yang tidak ada airnya tidak terdapat sedikitpun mahluk yang hidup. Air tidak akan pernah habis, namun dia hanya berpindah tempat atau bentuk. Hutan, dalam hal ini berperan sebagai pengatur tata air. Caranya :
      Pada waktu hujan, air yang jatuh di lantai hutan tidak lansung mengalir ke sungai karena ditahan akar-akar tanaman. Pada saat yang bersamaan, lantai hutan akan menyerap dan menahan sebagian dari air tersebut. Air ini akan masuk kedalam tanah dan keluar ke suatu titik menjadi sumber air yang tidak akan kering bahkan dimusim kemarau. Dilain pihak, dengan tertahannya air yang jatuh di lantai hutan, maka jumlah air yang mengalir ke sungai atau ketempat yang lebih rendah akan berkurang baik jumlah maupun kecepatannya. Dengan demikian banjir dan tanah longsor yang sering kali di sebabkan aliran air yang berlebihan dapat dicegah.
      Air hujan yang jatuh ke tanah lalu lansung mengalir ke sungai akan membawa butiran-butiran tanah. Disatu pihak hal ini akan mengurangi kesuburan tanah, semuntara  disaat yang bersamaan juga menyebabkan air sungai menjadi keruh. Air yang keruh kurang layak untuk dipergunakan  entah untuk memasak, minum, ataupun mencuci. Sugai yang airnya keruh biasanya juga kurang banyak ikanya.
       Disamping itu, bila tidak ada pohon-pohonan hutan yang menahan laju air, maka air dalam jumlah besar akan lansung mengalir ketempat yang lebih rendah. Bila air ini tidak dapat lagi ditampung oleh sungai-sungai atau danau maka terjadilah banjir.

Kegiatan manusia yang mempengaruhi air

      Air tidak akan pernah habis walaupun terus digunakan. Hal ini dikarenakan air mengalami proses pendauran. Daur air akan terus berlansung selama ada sinar matahari. Kegiatan manusia sangat berpengaruh pada daur air. Terlihat bahwa hutan menjadi gundul akibat penebangan liar. Apa yang akan terjadi, pada daur air jika hal itu dibiarkan?
      Penebangan hutan secara berlebihan dapat menyebabkan tanah kering dan tandus. Jika hujan terjadi, air hujan lansung mengalir ketempat yang rendah. Air ini terus mengalir hingga sampai ke laut. Air yang mengalir akan mengikis tanah lapisan atas bahkan dapat menyebabkan bencana banjir.

B.Hutan sebagai pengatur suhu

      Panas matahari yang jatuh ke permukaan bumi sebagian dilepas kembali ke udara di atas permukaan tersebut. Artinya makin banyak panas yang jatuh maka makin banyak pula panas yang dilepaskan sehingga suhu udara di tempat tersebut pun mejadi bertambah pula.
      Namun di tempat hutan yang masih bagus, panas matahari yang jatuh ke permukaan bumi sebagian akan diserap oleh dau-daun pohon yang menutupi permukaan tersebut sehingga panas pun menjadi berkurang, maka panas yang dilepaskan kembalipun menjadi lebih sedikit. Sebagai akibatnya  suhu udara di tempat tersebut akan terkendalikan sehingga lebih nyaman bagi mahluk hidup.

C.Hutan sebagai penghasil udara bersih

      Hutan juga berfungsi sebagai penghasil udara bersih. Sebagian besar tumbuhan mengalami proses pembakaran zat-zat makanan yang disebut fotosintesis. Dalam proses ini tumbuhan menyerap zat karbondioksida (CO2) dan melepas zat oksigen (O2). Karbondioksida adalah zat yang dihasilkan oleh pernapasan hewan dan manusia serta oleh proses pembakaran, entah itu pabrik, dapur, mobil dan sebagainya. Zat ini memiliki  sifat menahan panas. Di tempat yang udaranya banyak mengandung karbondioksida, panas yang dilepaskan oleh permukaan bumi di tempat tersebut akan ditahan oleh zat tersebut untuk kemudian dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Sebagai akibatnya, suhu dipermukaan bumi meningkat.
      Oksigen adalah zat yang di perlukan hewan dan manusia untuk bernafas. Tanpa oksigen kita semua akan mati. Padahal pada setiap kali bernafas kita menghirup sekian banyak oksigen dan mengubahnya menjadi karbondioksida, bayangkan di dunia ini hidup sekitar 2 milyiar manusia, ditambah hewan yang jumlah keseluruhan mungkin beberapa kali lipat manusia, dan mereka semua menghirup oksigen! Untunglah di dunia ini masih banyak tumbuhan sehingga pasokan oksigen selalu tersedia. Tetapi apa yang terjadi kalau tumbuh-tumbuhan  tersebut semakin berkurang?
      Udara yang segar adalah udara yang banyak mengandung oksigen dan sedikit sekali mengandung bahan-bahan yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Udara yang seperti inilah yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan yg ada di hutan.