Sabtu, 31 Desember 2011

Peranan Hutan Bagi Perekonomian Indonesia


Hutan sangat berperan dalam pembangunan Indonesia. Bahkan di awal-awal berdirinya Negara kita, ketika belum memiliki industri dan pabrik seperti saat ini, hasil hutan berupa kayu merupakan penyumbang terbesar bagi pendapatan Negara di samping pertambangan minyak dan gas. Dengan pendapatan inilah kemudian pemerintah membiayai pembangunan sekolah, jalan, rumah sakit dan fasilitas lainyan yang bermanfaat bagi masyarakat.
      Kini meskipun Indonesia telah menghasilkan banyak barang industri untuk diekspor, namun ekspor barang-barang yang berasal dari kayu masih menjadi andalan untuk mendapat pendapatan Negara. Disamping itu, hutan kita juga merupakan obyek wisata yang sangat digemari wisatawan mancanegara. Ribuan wisatawan setiap tahun datang ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan dan kesegaran berada di hutan tropis yang tidak ada di Negara mereka.
      Hutan juga menjadi sandarah hidup bagi sebagian besar penduduk Indonesia pemanfaatan hutan oleh penduduk meliputi :
      Sebagai sumber bahan pangan. Banyak jenis hewan dan tumbuhan hutan yang dijadikan bahan makanan oleh penduduk, baik daging, telur, daun, buah maupun akarnya.
     Sebagai sumber bahan untuk pembuatan rumah dan perabotan. Kayu, kulit, dan daun merupakan bahan utama untuk pembuatan rumah. Bahkan ada yang membangun rumah di atas pohon. Di samping itu hampir semua perabotan rumah dapat dibuat dari hasil hutan khususnya kayu.
      Sebagai sumber energi. Masih banyak penduduk Indonesia, khususnya yang tinggal di dalam atau di sekitar hutan, yang menggunakan kayu bakar untuk keperluan memasak maupun mengolah hasil kebun atau pertanian mereka.  Sebagai sumber bahan baku obat dan kosmetik. Sebelum meluasnya penggunaan obat kimia, bahkan sampai sekarang, banyak masyarakat kita yang menggunakan jenis-jenis tumbuhan dan hewan tertentu untuk pengobatan dan perawatan kecantikan.